Cara merawat cat mobil agar tetap mengkilap

Merawat Cat Mobil Tetap Mengkilap

Buat Anda yang menginginkan tampilan cat body mobil selalu tetap mengkilap, memastikan mobil bisa selalu maksimal pastinya ada beberapa hal yang harus dilakukan, bukan saja tentang warna cat body, itu bisa tentang mesti wajib rutin ganti oli secara terjadwal, perawatan servis mesin mobil berkala dan lainnya.

Namun dalam artikel ini kita akan lebih spesifik membahas warna cat body mobil tetap mengkilap dan tips yang membantu mengatasi warna cat body mobil pudar dan buram.

Cat mobil, siapapun yang memberikan penilaian awal maka hal pertama yang dilihat adalah kebersihan body mobil dengan warna cat mengkilap, ada juga yang berpendapat biasanya warna cat mencerminkan kepribadian pemiliknya.

cara merawat cat mobil agar tetap mengkilap bukanlah hal yang rumit, hal termudah anda bisa memulainya dengan langkah awal yaitu mengenali sebelumnya jenis cat mobil.

Umumnya terbagi dalam beberapa kategori, jenis cat mobil yang biasa digunakan umumnya tiga jenis.Yaitu jenis Nitro Celulose Modified, Nitro Celulose Dan jenis cat terakhir adalah Polyurethane.

Tips cara merawat cat mobil agar tetap mengkilap

  1. Hindari sering menggunakan compound

cara kerja compound merupakan sebagai obat poles, pengguanaan nya dengan cara digosokkan pada body mobil, meski banyak beranggapan penggunaan compound dapat menjadikan cat body mobil terlihat awet dan mengkilap.

Namun hal ini anggapan ini tidak sepenuhnya tepat, ketika menggunakan compound dengan durasi yang terlalu sering, pada akhirnya akan mengakibatkan warna cat body mobil dapat terkikis, buram dan pudar, Sebagai gantinya anda bisa menggunakan wax

2 Wax" cat mobil agar tetap mengkilap

Saat membersihkan noda membandel, jika menggunakan wax maka cat body mobil tidak akan mudah pudar karena terkikis, warna body tetap awet dan lebih mengkilap.
Proses penggunaan waxing ini bisa dilakukan dalam satu kali sebulan, Meskipun begitu tetap dianjurkan sebaiknya jangan terlalu sering.

Tips sebelum  menambahkan wax, diawal persiapkan berbagai perlengkapan dari wax, busa dan bahan kain katun lembut atau microfiber.

Oleskan wax ke seluruh bodi mobil, tapi pastikan bahwa mobil sudah berada di lokasi yang teduh menjaga wax tidak cepat kering, ketika melakukan pengolesan wax, tuang wax sebelumnya pada busa lalu di gosok bagian body mobil demi bagian dengan cara memutar.

Jangan lakukan penggosokan wax secara langsung ke semua bagian bodi cat mobil.
Selesai dilakukan wax, kemudian tunggu sekitar 10 menit lalu bersihkan wax dengan kain atau microfiber.

3 Jangan Terkena Air Hujan Terus Menerus

Jika mobil tidak terlalu kotor sebaiknya segera membersihkan nya cukup dengan menggunakan air bersih tanpa mesti memakai shampoo dan lakukan pengeringan dengan lap kering dan bersih.

Apalagi mobil yang berbahan dasar warna putih, ini akan menjadikan warna body mobil ke kuning-kuningan, atau hitam membuat tampilan nya sedikit kusam.

Jika melewati cuaca hujan, usahakan langsung lap bodi mobil apabila sudah terlanjur basah saat selesai menggunakan nya, jangan menunggu atau menunda diselesaikan saat akan ke salon mobil.
Karena jika dibiarkan dalam waktu lama, dalam jangka panjang pasti sangat mempengaruhi kualitas cat mobil

Air hujan yang terkena langsung pada body mobil secara terus menerus bisa berakibat buruk bagi cat body mobil, lalu apa langkah terbaik mengantisipasinya .

Maka langkah terbaik nya adalah segera mencuci mobil. Hal ini bertujuan agar tidak menimbulkan hadirnya jamur yang bisa membuat warna cat mobil tampak menjadi buram dan kusam.

Sesaat setelah dicuci, lakukan pengeringan body mobil dengan menggunakan lap kering bersih. Dengan cara ini, dijamin mobil bisa lebih terjaga, terawat dan bersih mengkilap.
  1. Amankan dari tempat berdebu

Tips berikutnya agar menghindari cat mobil pudar dan buram dengan menjauhkan mobil dari tempat yang rentan berdebu terus menerus.

Debu jika menempel pada body mobil adalah penyebab cat mobil mudah tergores bahkan menimbulkan baret halus. Tentu saja bila dibiarkan akan mengakibatkan cat mobil terlihat kusam, buram dan pudar.

Bila mobil berdebu, ada bercak lumpur halus, sebaiknya segera langsung dibersihkan selain untuk kebersihan juga agar warna cat mobil mengkilap selalu tetap terjaga.

5 . Gunakan cover mobil

Tips berikutnya dengan rajin menggunakan cover mobil atau ada yang menyebutnya selimut mobil, sarung mobil dll.

Sering parkir di lokasi terbuka, akan membuat warna cat mobil  lebih cepat buram, pudar dalam jangka satu atau dua tahun bahkan lebih cepat. Misal, semestinya masih dapat bertahan hingga lima tahun, namun baru tiga tahun pemakaian mobil, warna cat menjadi tidak seperti awal.

Pada lokasi parkiran terbuka dengan rentang waktu lama, jika memungkinkan, maka sebaiknya gunakan cover mobil guna mengindari kontak langsung dengan sinar panas matahari terlalu lama. Manfaat lainnya bila hujan mobil lebih aman terlindung serta menghindari terkena debu.

Hindari penggunaan Penutup saat Mobil Masih lembab atau Basah

Menggunakan penutup mobil bisa dilakukan kapan pun, baik siang hari, malam. Namun satu hal terpenting yang mesti di ingat, bila menutup mobil saat kondisi dalam keadaan masih lembab basah akan dapat mengakibatkan memudarnya warna cat mobil, serta mobil mudah berkarat, jamur dan beberapa masalah umum yang sering pada body cat mobil, Jadi pastikan jika Anda ingin menutup mobil dalam keadaan kering bersih.

Dari tips diatas dengan langkah sederhana menjaga agar cat mobil mengkilap selalu tetap terawat baik, direkomendasikan dilakukan dengan benar dan rutin untu hasil lebih optimal pada keindahan tampilan warna cat mobil kesayangan anda.

Bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu dan disiplin dalam hal perawatan cat body mobil maka solusi terbaiknya dalah dengan datang ke salon mobil yang memiliki kualitas jasa yang anda percaya, selain memang tidak repot menjaga kondisi cat mobil mengkilap tetap terjaga, penanganan yang dilakukan oleh profrsional akan lebih baik serta hasil pengerjaan lebih terawat dan mengkilap.

Lalu bagimana jika ada masalah dengan body cat mobil yang memerlukan penanganan serius karena mungkin ada insiden dari tergores atau bila ada cacat, rusak, bekas baret.

Solusinya anda mesti mengunjungi bengkel cat mobil. Jika anda masih awam tentang cat ulang mobil, Saya akan memberikan tips sederhana seputar bengkel cat ulang mobil.

Mobil dapat dicat ulang sesuai dengan warna cat selera anda, sedangkan untuk harga tergantung merk atau jenis mobil. Untuk harga pengecatan mobil, harga umumnya dihitung dari bagian per bagian, misal mobil dalam kondisi mengalami baret pada bagian pintu depan supir, maka biaya akan dihitung harga satu pintu utuh.

Bila terdapat baret, cacat pada pintu muka juga pintu belakang, maka biasanya dihitung satu sisi penuh bagian pintu depan serta belakang, sehingga biaya menjadi dobel.

Harga pengecatan mobil satu pintu mencapai Rp. 500 ribu, bukan harga pasti tentunya, karena tergantung jenis mobil, warna, dan yang lebih utama nya kualitas cat yang akan digunakan.
Semoga artikel cara agar cat bodi mobil Anda semakin mengkilap, terlihat lebih stylish, bersih dan enak dipandang  bisa  bermanfaat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Salon mobil medan