Aturan Praktis Jangka Waktu Service Mobil

Jangka waktu service mobil - Meskipun servis berkala mobil adalah wajib untuk kenyamanan dan keselamatan pengguna mobil.

Tapi tidak setiap pemilik mobil akan senang mengirim mobil mereka ke bengkel, selain waktu yang sudah banyak tersita karena pekerjaan dan urusan urasan lain nya, uang keluar juga jadi faktor pertimbangan.

Namun masalahnya,akan berbahaya untuk mengabaikan lima tanda peringatan ini bahwa mobil Anda memerlukan service. Lebih buruk lagi, bisa saja mungkin berakhir dengan tagihan perbaikan mobil yang bahkan lebih mahal.

Adakah Jangka waktu service mobil servis berkala mobil secara pasti?

Service mobil sebaiknya berapa bulan sekali ?
Aturan praktis untuk jangka waktu service mobil atau mengganti oli Anda setiap 5.000 km / 3 bulan, dan membawa mobil Anda untuk mendapatkan layanan utama dan inspeksi menyeluruh setiap service berkala 40000 km . Interval ini tentu saja ditentukan oleh penggunaan dan kondisi mengemudi Anda.

Misalnya, jika Anda seorang pengemudi yang agresif yang sering berakselerasi dan mengerem dengan keras, tentu bagian-bagian seperti bantalan rem akan aus lebih cepat dan memerlukan perubahan yang lebih sering. Hal yang sama berlaku dengan mengemudi di jalan yang kasar dan berlubang, mengangkut muatan berat dan kondisi lain yang termasuk dalam kategori "penggunaan berat".
Namun, tetap terkadang sulit untuk melacak kapan perawatan Anda dijadwalkan untuk layanan utama. Anda dapat memperhatikan beberapa tanda peringatan.

Suara Aneh

Suara-suara aneh dapat mencakup suara mesin yang tidak rata, rem berdecit saat Anda menginjaknya, suara knalpot yang lebih keras dari biasanya, menyeret suara dari roda dan merengek suara dari bawah kap mesin. Jika Anda mendengar suara-suara yang tidak biasa dari mobil Anda saat mengemudi, ini merupakan indikasi bahwa mobil Anda harus diperiksa sebelum masalahnya menjadi serius.

Masalah Steering

Jangan meremehkan masalah yang terkait dengan kemudi mobil Anda. Jika Anda merasa sulit untuk menyetir atau merasa mobil Anda lebih disukai di satu sisi ketika dalam posisi netral, Anda harus segera untuk mendapatkan layanan.

Lampu Peringatan Berkedip

Jangan pernah mengabaikan lampu peringatan yang berkedip di dashboard mobil Anda.
Lampu peringatan dasbor, sistem peringatan berdasarkan informasi dari sistem pemantauan komputer mobil Anda. Mobil modern memiliki banyak sensor yang dapat mendeteksi ketika sesuatu tidak berfungsi dengan baik - beberapa bahkan dapat mendeteksi kapan saatnya untuk ganti oli.

Jika Anda melihat lampu peringatan menyala, yang terbaik adalah memeriksanya, bahkan jika Anda sendiri merasa kendaraan Anda berjalan baik. Hal itu dapat mencegah masalah kecil yang mudah diperbaiki dibandingkan menjadi masalah yang lebih besar.
Simbol warna kuning adalah lampu peringatan mesin dan jika berkedip, itu pertanda ada sesuatu yang salah dengan salah satu sistem mobil Anda. Karena ada sejumlah masalah yang terkait dengan "Periksa Engine Light", Anda disarankan untuk segera mendiagnosis mobil Anda dengan mekanik profesional.

Jika lampu peringatan minyak rem Anda (simbol merah) berkedip ketika Anda mengerem atau jika menyala terus menerus, itu menyoroti bahwa ada masalah dengan sistem rem Anda. Rem adalah fitur keselamatan yang paling penting dari mobil Anda, dan Anda harus segera mengirim mobil Anda untuk mendapatkan layanan service.

Bergetar Tidak Normal

Jika Anda merasa mobil Anda bergetar saat mengemudi atau dalam keadaan idle, itu bisa disebabkan oleh roda yang tidak seimbang, sambungan bola yang terlalu aus, selang longgar, filter transmisi yang tersumbat, dll. Bawalah mobil Anda ke montir dan perbaiki sesegera mungkin, terlepas dari apapun masalahnya. 

Kebocoran

Kebocoran cairan dapat merusak kinerja mobil Anda dan bahkan memperpendek umur mobil. Bagaimana cara mengetahui jika mobil Anda bocor? Ketika Anda memindahkan mobil Anda dari tempat biasanya dan jika Anda melihat bintik-bintik minyak, noda cairan hijau atau kebocoran tidak biasa dari pipa knalpot mobil Anda, itu merupakan indikasi bahwa Anda perlu mengirim mobil Anda untuk layanan service langsung.

Kesimpulan

Jangka waktu service mobil atau servis berkala mobil bisa menjadi relatif, dengan mempertimbangkan indikator tanda tanda mobil butuh perawatan segera
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Salon mobil medan